Begini Cara Melihat Notifikasi Android di PC

KOMPAS.com - Terkadang repot saat sedang menggunakan komputer/laptop dan ada notifikasi pesan atau panggilan suara masuk di smartphone kita. Terlebih, saat ponsel tersebut jauh dari jangkauan.

Nah, ada sebuah aplikasi bernama "Pushbullet" yang bisa memberikan solusi atas kerepotan tersebut. Pushbullet adalah aplikasi Android yang bisa meneruskan notifikasi dari smartphone ke PC. Aplikasi tersebut berupa ekstensi untuk peramban Chrome atau Firefox yang dijalankan di PC atau desktop.

Dengan melakukan login ke akun Google yang sama antara smartphone dan keduabrowser PC tadi, Pushbullet bisa menampilkan notifikasi langsung di layar monitor komputer atau laptop.

Namun sayangnya, Pushbullet baru bisa sebatas menampilkan notifikasi saja. Jika ingin berinteraksi lebih lanjut, misalnya membalas pesan pendek, pengguna tetap harus membuka ponselnya.

Pendiri Pushbullet, Ryan Oldenburg mengatakan kepada Techcrunch, Senin (24/3/2014),
saat ini pihaknya sedang melakukan upaya agar pengguna bisa berinteraksi langsung dengan smartphone melalui komputer.

Ke depannya, Pushbullet juga akan dibuat sebagai aplikasi terpisah, bukan sekadar ekstensi untuk aplikasi browser Internet saja. Aplikasi tersebut pertama kali akan dibuat untuk PC dengan basis OS Windows, menyusul kemudian dalam versi OS X.

Selain menampilkan notifikasi, Pushbullet juga bisa digunakan sebagai perantara dalam mengirim file dari komputer ke smartphone. File yang bisa dikirim antara lain file teks, file, tautan, checklist, dan peta.

Di platform mobile, Pushbullet tak hanya mendukung sistem operasi Android, namun juga OS mobile populer lain, yaitu Apple iOS. Sayangnya, karena batasan aplikasi dalam iOS, maka file yang bisa dikirim hanya berupa teks saja.

Kekurangan lain dari Pushbullet saat ini adalah ketergantungannya terhadap browser. Sehingga, misal pengguna tidak membuka browser di PC atau laptopnya, maka notifikasi tidak bisa disampaikan.

Aplikasi "Pusbullet" untuk Android dapat diunduh di Play Store atau langsung dari tautan ini.

Related Posts:

0 Response to "Begini Cara Melihat Notifikasi Android di PC"

Post a Comment