BlackBerry Kurangi Jumlah Karyawan

KOMPAS.com - Perusahaan smartphone BlackBerry merumahkan sejumlah karyawan yang bertanggungjawab membuat aplikasi mobile untuk segmen konsumer. Langkah tersebut mempertegas BlackBerry yang akan lebih fokus ke segmen korporat.

Diberitakan oleh The Wall Street Journal (24/6/2014), BlackBerry mengonfirmasi telah memberhentikan 65 programer yang selama ini tugasnya mengembangkan aplikasi untuk segmen konsumer. Konfirmasi itu tersebut tertuang dalam pernyataan resmi yang dikirim melalui email pada Selasa (24/6).

Dalam email tersebut, BlackBerry mengatakan alasan pengurangan karyawan tersebut adalah untuk memfokuskan sumber daya yang ada pada pengembangan program baru yang lebih mengutamakan aplikasi enterprise.

Fokus BlackBerry di segmen korporat memang menjadi salah satu strategi perusahaan untuk menggenjot keuntungan. Di segmen ini, Blackberry menjual software mobile management dan layanan security-nya untuk pelanggan enterprise.

Kini, setelah pengurangan karyawan tersebut, sumber internal BlackBerry mengatakan bahwa perusahaannya saat ini hanya memiliki 100 pengembang yang mengerjakan aplikasi bagi konsumen enterprise.

Pengurangan karyawan menjadi hal yang sering terjadi di tubuh BlackBerry akhir-akhir ini, sesuai dengan strategi CEO John Chen untuk menekan pengeluaran.

Chen berharap dengan pengurangan karyawan, BlackBerry bisa menghemat 40 persen pengeluaran dan memperbesar pangsa pasarnya.

Semenjak strategi pengurangan karyawan yang mulai diterapkan pada September tahun lalu, hingga saat ini sudah ada sekitar 4.500 karyawan BlackBerry yang dirumahkan.

Related Posts:

0 Response to "BlackBerry Kurangi Jumlah Karyawan"

Post a Comment